HomePenulisHubungi Kami

Tarif Bagi Wajib Pajak OP Tidak Penuhi Ketentuan atas Investasi Harta Bersih

Oleh Redaksi PajakInd
Diterbitkan di Tarif
16 December 2021
1 menit membaca
Tarif Bagi Wajib Pajak OP Tidak Penuhi Ketentuan atas Investasi Harta Bersih

Pemerintah akhirnya mengesahkan UU Nomor 7 Tahun 2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan pada tanggal 29 Oktober 2021, Dalam UU HPP ini ada banyak sekali perubahan, salah satunya yaitu program pengungkapan sukarela wajib pajak atau pengampunan pajak atau Tax Amnesty.

Pada Tax Amnesty Jilid II ini, pemerintah mengungkapkan kesempatan kepada Wajib Pajak untuk melaporkan atau mengungkapkan kewajiban perpajakan yang belum dipenuhi secara sukarela melalui pembayaran pajak penghasilan (PPh) berdasarkan harta yang tidak atau belum sepenuhnya dilaporkan oleh peserta program pengampunan pajak atau Tax Amnesty pada Jilid I.

Harta yang diungkapkan oleh Wajib Pajak adalah harta bersih yang belum diungkapkan dalam surat pernyataan sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2016 tentang Pengampunan Pajak. Harta bersih dianggap sebagai tambahan penghasilan bersifat final yang telah diberikan tarif sebesar sebagaimana di jelaskan dalam BAB V UU HPP Pasal 5 Ayat (7).

Wajib Pajak yang mengungkapkan harta bersih harus melampirkan bukti yang tertuang dalam BAB V UU HPP Pasal 6 Ayat (2). Dalam hal Wajib Pajak yang menyatakan mengalihkan dan/atau menginvestasikan harta bersih dan tidak memenuhi ketentuan maka berlaku:

  1. 3% (tiga persen) bagi Wajib Pajak yang tidak memenuhi ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 5 ayat (7) huruf a;

  2. 3% (tiga persen) bagi Wajib Pajak yang tidak memenuhi ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 5 ayat (7) huruf c angka 2;

  3. 6% (enam persen) bagi Wajib Pajak yang tidak memenuhi ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 5 ayat (7) huruf c; atau

  4. 4% (empat persen) bagi Wajib Pajak yang tidak memenuhi ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 5 ayat (7) huruf d angka 1,

Dalam hal ini Wajib Pajak atas kehendak sendiri mengungkapkan penghasilan tersebut dan menyetorkan sendiri Pajak Penghasilan yang terutang.


Tagar

tarif
Artikel Sebelumnya
Penjelasan Harta Bersih dan Lampiran dalam Surat Pemberitahuan Pengungkapan Harta

Redaksi PajakInd

Content Writer

Artikel Terkait

Pengampunan Pajak Jilid II Bakal Digelar, Catat Besaran Tebusannya
29 December 2021
1 mnt
© 2022, dari PajakInd.

Dari PajakInd

Unduh AplikasiBlog PajakForum

Media Sosial